Daivi Vak: Bangun Kesucian Bathin

Mutiara Weda
04/11/2017

Setiap umat Hindu hendaknya menyadari bahwa jika direnungkan “Cabang dari pohon itu akan merunduk tatkala dipenuhi oleh Buah, demikian juga Awan akan merendah manakala dipenuhi oleh Uap begitu pula dengan orang Bijak menjadi berhati lembut, sabar, tenang dan penuh pengampunan karena kesucian bathinnya”.

Membersihkan dan mensucikan bathin sudah menjadi keharusan sebagai umat manusia. Jangan biarkan sifat iri hati dan dengki
bersemayam dalam lubuk hati yang menyebabkan munculnya rasa benci dan Kroda yang membabi buta berakibat hancur dan hilangnya kehormatan diri. Manakala sifat iri hati dan rasa benci ada dalam hati nurani maka sudah tidak perlu lagi membuat dosa karena sifat iri dan rasa benci itu adalah dosa besar.

Untuk itu, sebagai umat Hindu jangan berhenti menumbuhkan sifat kedewataan dalam diri, bangun SOLiDITAS & persaudaraan sejati
Vasudhaiva Kutumbakam dan tampilkan cinta kasih Prema serta buang jauh jauh kegelapan pikiran : kebencian, keserakahan, tiada rasa persaudaraan, dan iri hati niscaya akan terhindar dari DOSA, kehancuran & malapetaka.
(Atharva Veda X.6.1)

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta

Iklan