Pranava, Vyahrti dan Tri Pada

Mutiara Weda
17/02/2018

(Tiga Unsur Gayatri Mantram)

Setiap umat Hindu hendaknya memahami bahwa bait pertama dari mantram Tri Sandhya yaitu Gayatri mantram merupakan Mataram yang mulia dan mengandung kekuatan sakti serta menjadi ibu dari semua mantram sebagai Sandhya Wandanam atau Sawitri mantram yang terdiri tiga unsur yaitu Pernawa ( Om), Vyahrti (Bhur, Bhuah dan Svah) dan Tri Pada.

Tri Sandhya dengan Gayatri Mantramnya sebagi inti sari dari mantram weda karena mengandung kekuatan dan kecerdasan pikiran yang luar biasa yang dapat dimiliki orang.
Tri: tiga, Sandhya/Sam: sempurna, dhi: pikiran atau kecerdasan yang tinggi (Samyagjnana) dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.

Untuk itu, sebagai umat Hindu lakukan mantram Tri Sandhya secara sempurna dan teratur pada tiga waktu yaitu ; pagi hari saat matahari terbit/ Brahma Muhurta di sebut prata sewana guna menguatkan unsur satwam, pada siang hari di sebut Madyasewana untuk mengendalikan guna Rajas, dan pada sore hari/ sandya kala di sebut sandhya sewana, guna mengendalikan unsur tamas. Niscaya akan dapat menjalankan kehidupan dengan baik.
(Weda Samhita & Swastika Rana, 220_226)

Made Worda Negara
BINROH  Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta.

Iklan