Vijnana, jnana, Karma & Upasana

Mutiara Weda
15/06/2018

Dalam ajaran agama Hindu, wahyu langsung yang bersumber dari Ida SangHyang Widhi Wasa yang dihinpun oleh maha rsi /Sapta Rsi adalah Pustaka suci Weda / Catur Weda Samhita sebagai Weda Sirah (Reg, Sama,Yajur dan Atharva Weda) sedangkan Weda Smerti merupakan penjabaran dari Isi Weda Sruti yang merupakan penjelasan terhadap hal hal yang berkaitan dengan ajaran dan hukum Hindu.

Dalam upaya meningkatkan kualitas rohani, kecerdasan mentalitas dan spiritualitas, tidak bisa lepas dari sistem pendidikan Hindu yang dalam pustaka suci weda mengandung empat aspek yaitu Vijnana; membahas berbagai macam aspek pengetahuan tertinggi / Samyag jnana, baik pengetahuan rohani maupun material, mikrokosmos atau makrokosmos,
Jnana: membahas berbagai aspek pengetahuan secara umum,
Karma: bagian kitab weda yang memuat ajaran Karma dan Yadnya sebagai dasar atau cara dalam mencapai tujuan hidup/ Catur Purusartha.

Upasana: membahas berbagai aspek pengetahuan yang berkaitan dengan cara melakukan hubungan dengan Hyang Widhi Wasa dan menjadi dasar sistem yoga/ Iswara Jnana atau Brahma Jnana.

Untuk itu, sebagai umat Hindu mantapkan. kualitas rohani, mentalitas dan spiritualitas dengan pemahaman secara benar isi kandungan kitab suci weda dengan sistem pendidikannya yang mengandung keempat aspek tersebut yaitu Vijnana, Jnana, Karma dan Upasana. Niscaya akan terwujudkan kualitas rohani, mentalitas dan spiritualitas baik secara jasmani maupun secara rohani dalam mencapai tujuan Hidup.
(Reg Veda, 1.91.13 dan BG. XVII.8)

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta .

Iklan